• Irvan Irawan Jie

Flipping The Funnel…

Sebuah tulisan klasik dari Seth Godin yang membuat saya mengikuti blog Seth Godin serta begitu menginspirasi saya adalah Flipping The Funnel, eBook gratis yang dapat di download di blog nya Seth Godin.

Legacy Marketing (Istilah yang di populerkan oleh Pak Hermawan Kartajaya) bisa diibaratkan sebagai sebuah corong dimana begitu banyak uang (resources) dan tenagan (effort) untuk menjangkau konsumen . Caranya adalah dengan memberikan channel-channel iklan dengan pesan yang ingin kita sampaikan baik tentang produk / brand kita sebanyak-banyaknya dan mudah-mudahan dengan seleksi alam akhirnya orang-orang yang memang konsumen kita akan mendengarkan atau mungkin me-notice pesan kita itu.

Selama beberapa dekade ini, cara ini mungkin berhasil sehingga dalam benak marketer generasi TV Industrial age, cara ini adalah satu-satunya cara untuk membawa pesan kita kepada masyarakat dengan tujuan untuk menjual produk kita atau menaikkan brand kita di posisi yang kita inginkan. Jadi kalau seperti corong kita bayangkan begitu kita menuang air di atas corong maka air itu dapat dengan mudah masuk ke botol. In terms of marketing nya jadi bayangkan pesan yang kita sampaikan ke banyak orang (belum tentu semuanya ingin mendengarkan) hanya akan menjangkau sedikit orang yang benar-benar peduli dengan pesan kita.

Dalam eBook ini Seth Godin mengusulkan untuk membalik corong tersebut sehingga menjadi sebuah megaphone (dulu waktu kecil, saya suka membuat sebuah corong untuk berteriak-teriak di lapangan basket sekolah, kira-kira seperti itulah). Dengan memperhatikan customer kita yang truly care dengan produk / brand / jasa kita maka kita dapat mengubah customer kita ini menjadi sales kita, dengan cara merekomendasikan kita kepada teman-temannya (bahkan secara militant) juga menjadikan mereka sebagai member fan club kita yang paling aktif.

eBook ini ditulis pada jaman Internet belum seperti sekarang, belum banyak orang-orang yang memiliki account facebook, twitter, mySpace, Friendster atau punya blog sendiri. Ide ini semakin menarik di saat sekarang dimana orang-orang Indonesia yang notabene suka sekali

membuat sebuah kelompok (karena mereka collectivist sejati). Ide ini juga sesuai dengan idenya Pak Hermawan Kartajaya dengan New Wave Marketingnya dimana sebuah komunitas bisa menjadi tempat terbaik bagi seorang marketer dalam mempromosikan idenya/produknya/jasanya.

Kata-kata Seth Godin: Turn strangers into friends. Turn Friends into Customers. Turn Customers into Salespeople.

0 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua