• Irvan Irawan Jie

Daily JOY - Hidup Berarti


Pernahkah menginginkan sesuatu dengan begitu kuat sampai-sampai terasa sesak? keinginan untuk mendapatkan sesuatu yang apabila belum tercapai maka akan terus dipikirkan dan diusahakan. Setiap dari kita manusia memiliki dorongan untuk mencapai sebuah tujuan dan impian. Mungkin bukan hanya manusia saja, tetapi semua makhluk hidup memiliki dorongan untuk mendapatkan apa yang diinginkannya. Lalu apa yang membedakan manusia dengan makhluk hidup lainnya?


Manusia seperti kamu dan saya memiliki akal budi. Kita bukan hanya menginginkan hal-hal fisik semata. Berbeda dengan binatang yang keinginannya dikendalikan oleh otak yang tidak sempurna, manusia dapat berpikir tentang keinginan dan memberikan arti terhadap keinginan-keinginannya. Karena makna yang diberikan, sesuatu yang diinginkan terkadang lebih hanya dari sekedar penampilan fisiknya saja.


Apabila tidak dimaknai dengan benar, maka keinginan fisik akan diupayakan untuk memenuhi keinginan-keinginan yang sebenarnya lebih penting daripada fisik semata. Makanan digunakan untuk kenyamanan, status untuk menggantikan pencapaian, uang untuk menggantikan kedamaian, pasangan untuk menggantikan cinta, dan sebagainya. Sayangnya keinginan untuk memenuhi nilai-nilai penting dalam hidup seseorang tidak dapat digantikan dengan benda, status ataupun orang lain. Benda, status ataupun orang lain hanyalah sebagai substitusi sementara yang tidak mendatangkan pemenuhan esensi.


Untuk memenuhi nilai-nilai penting di dalam hidup setiap manusia, seseorang perlu menemukannya di dalam dirinya sendiri. Mengubah caranya memaknai sesuatu lalu mengusahakan di dalam dirinya baik pikiran, perasaan, perkataan ataupun perilaku yang menggambarkan nilai penting di dalam kesehariannya. Hanya dengan begitu nilai penting tersebut terpenuhi dan kapasitas dirinya untuk memenuhi nilai-nilai penting tersebut menjadi lebih besar. Semakin besar kapasitas dirinya, semakin mudah bagi dirinya untuk memenuhi keinginan dari nilai pentingnya.


Menjadi bahagia adalah hidup berdasarkan pemenuhan nilai-nilai penting yang ada di dalam diri kita masing-masing, bukan dengan benda, status ataupun orang lain. Dengan arti yang baik, maka hidup akan menjadi lebih berarti. Arti apa yang mau diwujudkan di dalam hidup kita hari ini?


To your fullest of joy self,

Irvan Irawan Jie

Neuro-Semantics Trainer

Associate Certified Meta-Coach

10 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua