• Irvan Irawan Jie

Daily Joy - Hari Ibu Internasional


Selamat hari Ibu sedunia. Ibu adalah perekat di dalam rumah tangga. Apabila ibu penuh dengan kebahagiaan maka rumah itu akan penuh dengan kebahagiaan, begitu pula sebaliknya. Ketika ibu di rumah sedang berada di dalam keadaan emosional yang kurang baik, maka suhu di rumah juga cenderung akan menjadi tidak baik. Betapa pentingnya seorang wanita untuk bisa menjadi bahagia di dalam hidupnya baik sebelum maupun sudah menikah. Wanita yang bahagia akan menjadi seorang ibu yang bahagia juga.


Menjadi seorang wanita tidaklah mudah. Sebagian wanita ketika belum menikah ada tuntutan untuk menjadi seorang yang mandiri dan mampu bekerja secara setara dengan laki-laki. Ketika sudah menikah sebagian dituntut untuk bergantung pada suami dan tidak lagi bekerja dan hanya mengurus rumah tangga. Padahal setiap manusia memiliki aspirasi untuk menjadi versi terbaik dari dirinya. Sebagian hidup di dalam konflik batin antara menjadi ibu rumah tangga dan menjadi wanita karier dan memilih salah satu dan mengorbankan yang lainnya.


Pemikiran hitam putih seperti ini sepertinya seolah-olah mengekang seorang wanita untuk memilih satu dan melepas yang lainnya. Sangat jarang apa yang kita alami di dalam hidup adalah sesuatu yang hitam dan putih. Bukan berarti salah satu pilihan lebih baik dari yang lainnya. Kamu pasti lebih tahu mengapa kamu memilih yang satu dan bukan yang lainnya. Ada keadaan-keadaan yang hanya kamu yang tahu. Ada pertimbangan-pertimbangan yang juga pasti mendorong kamu untuk memutuskan yang satu dibanding yang lainnya.


Walau begitu, kebahagiaan kamu juga akan menjadi sebuah pilihan yang pasti akan ada konsekuensinya. Apa pun pilihan yang diambil, pastikan kamu mampu untuk menerima sepenuhnya dan mensyukuri pilihan yang kamu ambil. Konsekuensi yang ada diterima dan diatur sebaik yang kamu bisa. Bedakan diri antara seorang wanita karier dan ibu rumah tangga, keduanya memiliki fungsi, tugas dan identitas yang berbeda. Selama keduanya dilakukan dengan kejelasan dan bahagia, rumah tangga bukanlah perusahaan dan perusahaan bukanlah rumah tangga, maka hasilnya akan menjadi baik. Maka itu jadilah bahagia dengan mensyukuri apa pun yang dialami saat ini dalam setiap peran.


Kedua peran tersebut akan membawa dampak bagi diri seorang wanita dan juga kepada orang-orang lain yang terdampak dari peran-peran tersebut. Dampak apa yang akan diberikan melalui kedua peran tersebut? Putuskan dan bertanggung jawab atasnya. Selamat hari ibu sedunia.


To your fullest of joy self,

Irvan Irawan Jie

Neuro-Semantics Trainer

Associate Certified Meta-Coach

0 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua