• Irvan Irawan Jie

Daily JOY - Cek & Ricek


Kemarin saya dan keluarga mencari sebuah kolam renang untuk anak-anak belajar berenang. Seperti biasa di dalam perjalanannya saya menyetir mobil. Tetapi kali ini saya menyetir mobil orang tua istri saya yang persnelingnya masih manual. Ternyata saya masih dapat melakukannya dengan baik walaupun sudah beberapa tahun saya tidak pernah lagi menyetir dengan persneling manual. Sejak ganti mobil lima tahun yang lalu, mobil saya sudah menggunakan persneling otomatis.


Sesuatu yang sering di lakukan entah itu pikiran, perasaan, perkataan atau perilaku akan masuk ke dalam memori tubuh dan akhirnya dapat dilakukan tanpa disadari. Beberapa hal yang sering saya lakukan bisa dibilang baik dan juga bisa dibilang tidak. Sayangnya bukan hanya kemampuan menyetir saya saja yang masuk ke memori tubuh, tetapi pemikiran, perasaan, perkataan dan perilaku yang tidak baik pun apabila sering saya gunakan, akan masuk ke dalam memori tubuh.


Setelah semua itu masuk ke dalam memori tubuh, maka tanpa sadar saya akan melakukannya apabila konteksnya tepat. Karena sudah tidak disadari, maka akan menjadi lebih tidak mudah bagi saya untuk menyadarinya apalagi mengubahnya. Untuk mengubahnya saya perlu memberikan perhatian lebih dan kesadaran lebih untuk mengetahui apa yang terjadi melalui perilaku saya. Apalagi apabila bentuknya sebuah pemikiran yang saya yakini benar.


Sebuah pemikiran yang saya yakini benar belum tentu dapat membantu saya untuk menjadi lebih bahagia walaupun saya sudah menggunakan pemikiran tersebut selama ini. Bisa jadi pemikiran itu berguna di masa lalu, tetapi sudah tidak berguna di saat ini apalagi di masa depan. Pemikiran yang sudah tidak berguna juga akan menciptakan perilaku yang tidak berguna atau bahkan menjadi bumerang bagi saya.


Sudahkah kita melakukan cek dan ricek terhadap pemikiran, perasaan, perkataan dan perilaku yang selama ini kita gunakan secara otomatis? apakah semua itu masih berguna dan membawa kebahagiaan pada diri kita?


To your fullest of joy self,

Irvan Irawan Jie

Neuro-Semantics Trainer

Associate Certified Meta-Coach

2 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua