• Irvan Irawan Jie

Actualzing - Self Strategy


Untuk hadiah Natal, anak saya dibelikan sebuah mainan oleh neneknya. Mainan kotak makan dimana di dalamnya terdapat banyak replika makanan yang dapat diberikan kepada boneka-bonekanya. Selama beberapa hari ini dia selalu dengan riang memainkannya. Setiap bonekanya diberikan makanan mainan tersebut. Di dalam kotak makan itu terdapat sebuah sendok yang memiliki sebuah mekanisme yang seolah-olah dapat mengambil makanan dari kotak makannya.


Di dalam kotak makanan tersebut ada sebuah tempat yang memiliki pengait, pengait tersebut akan menarik sebuah mainan makanan dari sendoknya. Di dalam sendok tersebut ada sebuah per yang akan menarik makanan mainan tersebut masuk ke dalam sendoknya dan seolah-olah habis dimakan oleh bonekanya. Karena mainan ini sering dimainkan sejak menjadi milik anak saya, maka setelah beberapa hari pengaitnya menjadi kendur dan tidak dapat dengan baik menarik makanan yang ada di dalam sendoknya keluar.


Kemarin anak saya bertanya kepada saya mengapa sendoknya tidak dapat mengeluarkan makanannya lagi. Saya pun menjelaskan tentang caranya makanan tersebut keluar secara sederhana, lalu berusaha memperbaiki pengaitnya agar dapat menarik kembali makanan dalam sendok tersebut. Pengaitnya hanya perlu dirapatkan sedikit dan cara menggunakan sendoknya pun tidak bisa sekencang biasanya, cukup dengan lembut dan makanannya akan keluar.


Menyadari hal ini, anak saya akhirnya mengerti caranya mainan itu bekerja. Ini untuk mainan, apakah kita sudah mengerti cara kita berespons terhadap apa yang sedang kita alami saat ini. Bisa saja respons-respons kita tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan. Hal ini mungkin karena kita tidak menyadari proses apa yang sedang terjadi di dalam diri kita untuk menghadapi apapun yang sedang kita hadapi.


Hal apa yang perlu kita perbaiki atau bahkan jadikan lebih baik, agar strategi dan tata cara kita dalam merespon sebuah keadaan, orang atau masalah menjadi lebih baik?


To your highest and actualized self,

Irvan Irawan Jie

www.irvanjie.com

Neuro-Semantics Trainer

Associate Certified Meta-Coach

12 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua