• Irvan Irawan Jie

Actualizing - World


Dunia yang sedang di alami oleh diri saya adalah dunia yang saya ciptakan di dalam diri saya. Dunia di luar sana hanyalah kejadian-kejadian yang apabila tidak saya artikan maka menjadi sekedar kejadian yang tidak ada hubungannya dengan kenyataan di dunia dalam saya. Dunia dalam saya yang menentukan bagaimana saya merasa, berucap dan bertindak di dalam keseharian saya. Dunia di luar sana hanyalah pemicu yang masuk melalui panca indra saya.


Saya menginternalisasikan dunia luar untuk bisa mengeksternalisasikan pemikiran saya, sumber kegiatan eksternal saya adalah berdasarkan dunia internal saya. Selama dunia internal saya beres, maka dunia eksternal saya juga akan beres. Selama dunia internal saya tidak beres, maka dunia eksternal saya juga akan tidak beres. Walaupun saya hidup di dalam dunia internal saya, tetapi saya juga bersumbangsih terhadap dunia eksternal saya melalui kata-kata dan perilaku saya.


Dunia yang begitu baik, luas, besar, indah hanya akan menjadi dunia yang tidak berguna apabila masuk ke dalam kepala saya lalu terdistorsi, tergeneralisasi dan terhapus ke maha baik, luas, besar dan indahnya. Dunia menjadi sekecil pikiran saya. Ketika dunia di dalam diri saya adalah dunia yang kecil, maka bagaimana saya menjadi seorang yang baik, luas, besar dan indah bagi dunia luar saya?


Sudahkah membenahi dunia dalam? Supaya dunia luar terlihat baik, luas, besar dan indah bagi diri sendiri orang-orang di sekitar?


To your highest and actualized self,

Irvan Irawan Jie

www.irvanjie.com

Neuro-Semantics Trainer

Associate Certified Meta-Coach

12 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua