• Irvan Irawan Jie

Actualizing - Experimenting


Menjadi pengkhotbah, penuntut dan politisi apabila dilakukan tanpa pikiran yang benar bukan hanya akan merugikan diri sendiri, tetapi juga orang-orang lain di sekitar kita. Untuk mengimbangi ketiga peran dalam hidup kita masing-masing diperlukan cara pikir seorang peneliti. Seorang peneliti akan selalu bereksperimen terhadap apa yang sedang dikerjakannya. Semua berawal dari hipotesis yang dipikirkan lalu mencari bukti untuk antitesis dari pemikiran yang sebelumnya.


Seorang peneliti mengetahui bahwa pemikiran atau hipotesis awalnya bisa saja salah atau benar. Peneliti yang baik tidak akan mengalami keterikatan dengan pikirannya dan bahkan merasa senang apabila hipotesisnya tidak sesuai dengan pemahaman atau pemikiran awalnya. Peneliti juga akan terus belajar tentang apa yang tidak diketahuinya, memperbaiki cara pikir lamanya dengan pengetahuan-pengetahuan baru.


Walaupun peneliti juga akan mempublikasikan karya-karyanya, tetapi semua didukung dengan bukti-bukti ilmiah dan bukan hanya dengan intuisi atau pemikiran semata. Peniti akan memberikan data-data yang valid dan apabila suatu saat data itu sudah tidak menjadi valid, maka peneliti akan dengan senang hati melihat kembali penelitiannya dan memperbaiki kesimpulan akhirnya.


Dengan kata lain untuk menjadi seorang peneliti, kita perlu untuk menyadari bahwa pikiran kita adalah pikiran yang mampu membuat kesalahan. Pembelajaran terus menerus untuk memperbaiki pikiran kita akan menjaga kita untuk tidak terjebak dalam pernah yang selalu berkhotbah, menuntut atau bahkan mengajak orang lain dengan buta untuk mengikuti kita. Menjadi seorang peneliti adalah menjadi seorang yang terus menerus belajar untuk memperbaiki diri.


Pemikiran-pemikiran apa yang sudah usang dalam diri kita? Pemikiran yang perlu diubah, diperbaiki atau bahkan diperbaharui karena sudah ada data yang lebih baik untuk menjadi acuan kita dalam mencapai hidup yang lebih baik.


To your highest and actualized self,

Irvan Irawan Jie

www.irvanjie.com

Neuro-Semantics Trainer

Associate Certified Meta-Coach

24 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua