• Irvan Irawan Jie

Actualizing - Comfort


Setiap pagi, salah satu tugas saya adalah membangunkan anak saya yang kecil untuk bersiap sekolah. Anak-anak sudah tidur di kamar terpisah sejak anak yang kecil masuk jenjang sekolah dasar. Karena mereka sudah di kamar mereka sendiri, maka saya tidak tahu jam berapa tepatnya mereka tidur dan seberapa dingin mereka menyetel pendingin udara di kamar mereka. Walaupun kamar mereka lebih kecil dari kamar saya dan istri, tetapi pendingin udaranya berukuran sama.


Pagi ini anak saya yang kecil bangun dengan suara bindeng, saya pikir hanya karena baru bangun tidur saja. Memang ketika saya bangunkan tadi pagi dia tidak menggunakan selimutnya. Udara di ruangan pun terasa lebih dingin karena memang kemarin seharian daerah rumah kami hujan dan mendung. Suara bindengnya semakin jelas ketika menjelang siang dia diajak mama nya untuk mengantarkan pesanan kue.


Alhasil rencana yang tadinya ingin pergi berjalan-jalan ke pusat pembelanjaan setelah mengantarkan kue pupus di tengah jalan. Mereka langsung kembali ke rumah karena si kecil merasa tidak enak badan dan merengek untuk pulang. Ketika istri bertanya, baru saya sadar bahwa bisa saja karena dia kemarin tidak menggunakan selimutnya di udara yang dingin. Ketika terlelap tidur mungkin terasa nyaman dengan udara dingin, tetapi terpapar udara dingin itu semalaman menjadi tidak baik baginya.


Terkadang saya juga merasa tidak nyaman dengan sebuah keadaan, lalu berusaha untuk mengganti situasi dan keadaan tersebut. Namun terkadang ketika saya sudah berganti keadaan, saya lupa untuk sesekali mengecek keadaan tersebut apakah memang keadaannya optimal bagi diri saya di saat yang lain. Saya sudah terbiasa dengan keadaan baru yang bisa saja sebenarnya sudah tidak baik lagi bagi diri saya.


Sudahkah sadar akan keadaan saat ini? Apakah saat ini kita sedang berada di titik kenyamanan yang walaupun sebenarnya tidak baik tetapi di nyaman-nyamankan?


To your highest and actualized self, Irvan Irawan Jie www.irvanjie.com Neuro-Semantics Trainer Associate Certified Meta-Coach

10 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua