• Irvan Irawan Jie

Mindfull Yang Bermakna


Mindfull, tepatnya apa yang kita sadari dan apa yang kita penuhi dari pikiran kita? Apakah yang sedang kita usahakan untuk bisa sadari sepenuhnya? Bagi saya mindfull adalah ketika saya menyadari pemikiran, perasaan, ucapan dan tindakan saya. Menjadi mindfull adalah ketika kita menyadari apa yang sedang kita maknakan dalam pikiran kita. Makna dapat diartikan secara harafiah sebagai apapun yang sedang kita pegang/tahan/taruh dalam pikiran saya.

Pemikiran datangnya dari pemaknaan, oleh karena itu untuk bisa mindfull saya perlu menjaga pemaknaan dalam diri saya. Makna ini datangnya dari simbol-simbol yang saya gunakan dalam pikiran saya untuk merepresentasikan apa yang ada di luar sana. Istilah kerennya kalau diambil dari NLP adalah "The Map is Not The Territory." Tapi bukan hanya dari NLP tapi ini dari General Semanticsnya Alfred Korzybski tahun 1933.

Lalu bagaimana sebuah makna dibentuk? Ada 4 tahap dalam pembentukan makna yang saya pelajari: 1. Identifikasi - Apakah ini? 2. Penyebab - Apa gunanya hal ini? Bagaimana cara kerjanya 3. Kepentingan - Apakah nilainya mengetahui ini? apa pentingnya? 4. Intensi - Apa niatnya? Apa tujuannya? Apa yang sendang saya usahakan untuk lakukan.

Menyadari keempat hal ini, segala sesuatu yang ada di luar sana bisa saya pertanyakan terlebih dahulu dengan keempat pertanyaan ini. Lalu ditambah apakah ini berguna bagi saya? kalau tidak berguna, apa yang lebih berguna? Semoga dengan pertanyaan-pertanyaan ini kita semua bisa lebih mindfull tentang apa yang kita pikirkan. Jagalah hati, karena dari hati keluar air kehidupan.

To your highest and best, Irvan Irawan Jie Neuro-Semantics Trainer Associate Certified Meta-Coach

#Mindfulness #NueroSemantics #NLP #Jakarta #Meaning #Makna #Life

11 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua