• Irvan Irawan Jie

Soft Skill - Accepting Self


Seperti yang sudah saya tulis beberapa hari yang lalu, saya akan menulis tentang soft skill seorang entrepreneur. Soft skill pertama yang ini saya kupas adalah bagaimana seorang entreprenur dapat menerima dan menghargai dirinya sendiri.

Seorang mentor saya pernah berkata: Apabila kamu mau berperang, berperang lah di luar jangan di dalam. Sebuah analogi yang cukup baik di dalam bisnis bahkan di dalam keseharian kita. Bagaimana kita bisa perform sebagai seorang entreprenur atau bahkan sebagai manusia yang baik, apabila di dalam batin kita sendiri kita masih berperang.

Apa sih contoh berperang dengan diri sendiri? Pernahkah anda berkata seperti ini kepada diri sendiri:

  • Saya orangnya memang tidak bisa apa-apa

  • Sepertinya saya tidak ada bakat

  • Dia mah hebat, saya mana mungkin bisa seperti dia

  • Kenapa saya melakukan hal bodoh itu ya?

Come on, janganlah terlalu keras kepada diri sendiri. Kadang kita baik kepada orang lain, tapi sungguh amat sangat galak kepada diri kita sendiri. Biar bagaimanapun, kita ini manusia yang sudah diciptakan baik adanya. Tinggal bagaimana kita mengakses kekuatan di dalam diri yang sudah diberikan oleh Tuhan untuk bisa digunakan di dalam keseharian kita.

Jadi bagaimana caranya kita bisa menerima diri sendiri? Pernahkan anda menerima sebuah keadaan yang tidak bisa diubah? Misalnya, ketika kita baru saja mencuci mobil lalu tiba-tiba hujan. Walaupun dongkol, well, ya sudah toh kita juga tidak bisa apa-apa. Akses lah persaan menerima itu dan gunakanlah perasaan itu untuk menerima diri kita sendiri apa adanya. Katakan kepada diri sendiri: “Saya menerima diriku sendiri apa adanya dengan segala kekuatan dan kelemahannya. Terima kasih sudah menjadi diri saya.”

Sadarilah bahwa kita ini manusia biasa yang punya banyak kekuatan dan kelemahan. Banyak pula orang-orang di luar sana yang sangat menginginkan kekuatan atau kemampuan kita. Dengan kita menerima diri kita sendiri, kita mampu untuk fokus dan melakukan kegiatan kita tanpa perlu mengkhawatirkan peperangan yang ada di dalam diri.

Irvan Irawan Jie

#Entrepreneur #InnerGame #Business #Nuerosemantics #SoftSkills

7 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua